DEPOK, SAYS INDO NEWS – Kerusuhan terjadi di tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa (8/5/2018) malam.

425986626

Sejumlah petugas berjaga di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/5/2018).(Foto/MaulanaMahardika)

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen (Pol) M Iqbal mengakui bahwa memang ada insiden di rutan yang ada di Mako Brimob itu.

Saat ditanya lebih lanjut apakah kerusuhan itu terjadi di sel tahanan napi teroris, Iqbal masih belum memberikan penjelasan lebih rinci. Saat ini, dia sedang menuju ke Mako Brimob Kelapa Dua. Rencananya, akan ada jumpa pers pada tengah malam nanti.

“Betul ada insiden dan sekarang sedang ditangani oleh Brimob dan kepolisian setempat,” ujar Iqbal dalam pesan singkat kepada wartawan, Selasa (8/5/2018).

Untuk diketahui, Mako Brimob Kelapa Dua selama ini menjadi tempat tahanan bagi para tersangka hingga napi teroris. Keamanan berlapis yang ada di rutan ini menjadi salah satu pertimbangan beberapa napi ditempatkan di sana.

Setelah itu, terdengar perintah agar para polisi yang dilengkapi dengan helm dan rompi antipeluru tersebut mengambil tempat masing-masing untuk melindungi diri.

Beberapa dari antara mereka bersembunyi di balik pepohonan. Sebagian lagi bersembunyi di halte bus dan tempat-tempat tertutup lainnya.

Salah satu personel sempat berada di depan awak media yang menunggu dan memantau situasi sejak Selasa malam.

Namun, polisi tersebut ditegur oleh atasannya. “Apa kamu sudah kebal, tidak cari tempat perlindungan?” Kata sang atasan.

Setelah mendapat perintah atasannya, dia pun begeser untuk mencari tempat perlindungan. Sebelumnya, terjadi kerusuhan di rutan yang berada di Mako Brimob.

Polri belum mau memberi penjelelasan detail mengenai peristiwa itu. Namun, kerusuhan tersebut melibatkan tahanan dan polisi. Beberapa polisi terluka. Hingga pukul 03.00 WIB, penjagaan masih dilakukan hingga depan Kompleks Mako Brimob.

Tugas Membuat Berita Online Journalism

Dosen: Yumelda Sari

Sumber Berita: https://nasional.kompas.com/read/2018/05/08/23224461/kerusuhan-terjadi-di-rutan-mako-brimob-kelapa-dua

Advertisements